Tentang Kami

logo-sp

SAMAGGI PHALA

Berdiri sejak 13 November 1998

Makna Nama

Nama ‘Samaggi Phala’ terdiri dari dua kata bahasa Pali, yaitu:
‘Samaggi’ yang dapat diartikan dalam bahasa Indonesia sebagai: ’Persatuan’.
‘Phala’ adalah ‘Buah’.
Jadi, ‘Samaggi Phala’ dapat diartikan sebagai ‘Buah Persatuan’.

Penggunaan nama ini dimaksudkan agar website Buddhis Samaggi Phala dapat dijadikan sarana menggalang persatuan para umat serta simpatisan Buddhis di manapun berada.

Tujuan Web

Selain bertujuan untuk menggalang persatuan, website Buddhis Samaggi Phala ini dibangun terutama untuk mengenalkan berbagai aspek kegiatan Vihara Samaggi Jaya Blitar dan Panti Semedi Balerejo yang sekarang lebih dikenal sebagai Vihara Bodhigiri.

Agar memperluas wawasan para umat Buddha maupun simpatisan Buddhis, maka Samaggi Phala  berupaya menyajikan selengkap mungkin kutipan Tipitaka berbahasa Indonesia yang telah dikumpulkan dari berbagai buku yang sudah beredar di masyarakat.

Ditambahkan pula informasi lembaga pembina Vihara Samaggi Jaya Blitar dan Vihara Bodhigiri Balerejo yaitu Sangha Theravada Indonesia. Informasi berbentuk berbagai keputusan rapat pimpinan serta rapat pleno (Pesamuhan Agung) para bhikkhu anggota Sangha Theravada Indonesia dari tahun ke tahun diharapkan dapat meningkatkan pengertian masyarakat pada segala aktivitas dan proses pengambilan keputusan dalam lembaga Sangha Theravada Indonesia.

Pengenalan para para bhikkhu anggota Sangha Theravada Indonesia dilakukan dengan memuat foto serta data kebhikkhuan sebagian besar anggota Sangha Theravada Indonesia, khususnya anggota yang tinggal di Indonesia.

Tentu saja, tidak ketinggalan penyajian berbagai naskah Dhamma yang diambil dari berbagai sumber yang beredar dalam masyarakat. Diharapkan dengan membaca artikel Dhamma yang disajikan, akan lebih banyak orang yang dapat memanfaatkannya sebagai bekal belajar serta melaksanakan Dhamma dalam kehidupan sehari-hari.

Web Samaggi Phala juga menyediakan beberapa file tertentu dalam bentuk pdf yang bisa di download agar dapat  dibaca pada setiap waktu dan tempat yang sesuai melalui peralatan elektronik saku canggih yang ada saat ini.

Web Samaggi Phala dari Masa ke Masa

Sebagai tambahan informasi, bentuk dan tampilan web Samaggi Phala saat ini sebenarnya telah melewati beberapa proses perubahan.

Tampilan pertama web Samaggi Phala sejak dibangun tanggal 13 November 1998 s.d sampai dengan 13 November 2003 lebih didominasi warna merah muda sebagai lambang keremajaan. Sebagaimana remaja, Samaggi Phala saat itu lebih banyak menggunakan waktu untuk belajar dari berbagai fihak agar dapat meningkat kualitasnya.

Adapun bentuk nyata web Samaggi Phala versi pertama adalah seperti berikut ini.

Klik, Perbesar Gambar

Klik, Perbesar Gambar Tampilan SP tahun 1998 – 2003

Tampilan kedua yang mulai dipergunakan sejak 13 November 2003  sampai dengan 13 November 2010 lebih banyak diwarnai coklat. Warna ini seolah seperti buah yang telah matang. Diharapkan, setelah melalui proses belajar yang relatif cukup lama yaitu sejak tahun 1998, isi web Samaggi Phala lebih berbobot dan bermanfaat. Pada tampilan yang dirancang dan dibantu secara cuma-cuma oleh Bapak Sukarto yaitu seorang web designer professional di Surabaya ini ditambahkan fasilitas Forum Tanya Jawab yang mendapat sambutan hangat di masyarakat. Sebagian isi Forum Tanya Jawab tersebut telah dicetak dalam bentuk buku berseri dengan judul “100 Tanya Jawab dengan Bhikkhu Uttamo”. Buku kumpulan tanya jawab tersebut dapat diperoleh di Bursa Buddhis Samaggi Phala.

Silahkan klik di SINI untuk melihat buku-buku yang tersedia di Bursa Samaggi Phala.

Seluruh isi Forum Tanya Jawab yang sudah pernah online di web Samaggi Phala tampilan ke dua ini dalam format PDF dapat di download secara gratis di SINI

Untuk lebih mengenal lebih dekat ‘wajah’ web Samaggi Phala versi kedua silahkan klik gambar di bawah ini.

Klik, Perbesar Gambar

Klik, Perbesar Gambar tampilan SP tahun 2003 – 2010

Setelah berkelana selama enam tahun di dunia maya, maka Samaggi Phala warna biru langit yang telah dipergunakan sejak tanggal 13 November 2010 kembali berubah bentuk pada pertengahan bulan November 2016.

 

Web SP 2016

Klik, Perbesar Gambar tampilan SP tahun 2010 – 2016

 

Tampilan semula menggunakan warna utama biru sebagaimana warna langit dan lautan sebagai harapan agar Samaggi Phala dapat lebih membumi seperti lautan dan bermanfaat secara luas sebagaimana langit yang memenuhi bumi kemudian berubah menjadi warna hijau seperti yang mulai dipergunakan saat ini.
Sebagaimana design sebelumnya, design Samaggi Phala dengan dominasi warna hijau ini juga telah dirancang dengan baik oleh Bapak Sukarto.
Adapun maksud penggunaan warna hijau pada Samaggi Phala ini melambangkan selalu tumbuh dan bertunas.
Diharapkan agar Samaggi Phala yang sudah cukup berumur ini dapat tetap selalu tumbuh dan menyesuaikan diri dengan perkembangan jaman dalam mempersembahkan kepada para umat dan simpatisan Buddhis tentang Buddha Dhamma yang indah pada awal, indah para pertengahan dan juga indah pada akhirnya.
Semoga dengan dukungan dari semua fihak, harapan luhur tersebut dapat menjadi kenyataan.

 

LOGO SAMAGGI PHALA

 

Logo lama web Samaggi Phala (2003 – 2016)

 

Makna

Salah satu cara untuk mengungkapkan tujuan umum Website Buddhis Samaggi Phala, dengan bantuan Sdri. Levy Chandra, USA, dibuatlah logo Samaggi Phala. Logo ini terdiri dari enam lingkaran dengan warna yang disusun sesuai panji Buddhis, yaitu biru, kuning, merah, putih, orange dan juga perpaduan kelima warna tersebut. Kelima warna ini dalam masyarakat Buddhis disepakati sebagai lambang bakti, kebijaksanaan, cinta kasih, kesucian, semangat serta perpaduan kelima sifat positif tersebut.

Formasi keenam garis tersebut membentuk bumi yang sedang berputar ke kanan. Hal ini melambangkan bahwa hendaknya keenam sifat positif tersebut dapat disebarluaskan ke seluruh penjuru dunia.

Sedangkan tulisan SP sebagai singkatan Samaggi Phala menjadi pemersatu dan pengait keenam garis yang membentuk dunia tersebut.
Dengan demikian, makna keseluruhan logo Samaggi Phala adalah bahwa hendaknya Samaggi Phala dapat mewujudkan harapan menjadi pemersatu para umat dan simpatisan Buddhis di manapun berada agar dapat memperoleh manfaat dari keenam sifat positif yang dimilikinya.

Logo ini telah dipergunakan sejak tahun November 2003 sampai dengan November 2016 sebelum diganti dengan logo yang sekarang.

Dalam rangka penyegaran website Samaggi Phala di tahun 2016, maka dibuatlah logo yang baru dengan perancang logo yang juga baru.

Logo yang dipergunakan saat ini walaupun mempunyai bentuk yang berbeda, tetap memiliki makna yang sama yaitu Samaggi Phala diharapkan menjadi pemersatu para umat maupun simpatisan Buddhis dimanapun berada.

 

 

Penutup

Akhir kata, tentu saja harus diucapkan di sini: Anumodana, atau terima kasih, kepada semua fihak yang telah membantu memberikan ide, dukungan, saran serta kritikan demi kelangsungan dan peningkatan kualitas Samaggi Phala. Kelanjutan dukungan Anda, sungguh sangat dinantikan.

Semoga Anda selalu berbahagia.

Semoga semua mahluk selalu hidup berbahagia.

Salam metta,

Bhikkhu Uttamo

Webmaster

Leave a Reply 6 comments