SEBAB MUSABAB YANG SALING BERGANTUNGAN
PATTICA SAMUPPADA ( ANULOMA )
SEBAB MUSABAB YANG SALING BERGANTUNGAN (URUTAN MUNCULNYA)
i – ii. | Avijja – paccaya sankhara |
ii – iii. | Sankhara – paccaya vinnanam |
iii – iv. | Vinnanam – paccaya nama – rupam |
iv – v. | Nama – rupa – paccaya salayatanam |
v – vi. | Salayatana – paccaya phasso |
vi – vii. | Phassa – paccaya vedana |
vii – viii. | Vedana – paccaya tanha |
viii – ix. | Tanha – paccaya upadanam |
ix – x. | Upadana – paccaya bhavo |
x – xi. | Bhava – paccaya jati |
Xi – xii. | Jati – paccaya jara – maranam soka – parideva – dukkha – domanasuppayasa sambhavanti. Evametassa kevalassa dukkhakkhandassa samudayo hoti. |
PATTICA SAMUPPADA ( PATILOMA )
SEBAB MUSABAB YANG SALING BERGANTUNGAN ( URUTAN LENYAPNYA )
i – ii. | Avijjayatveva asesa – viraga – nirodha sankhara – nirodho |
ii – iii. | Sankhara – nirodha vinnana – nirodho |
iii – iv. | Vinnana – nirodha nama – rupa – nirodho |
iv – v. | Nama – rupa – nirodha salayatana – nirodho |
v – vi. | Salayatana – nirodha phassa – nirodho |
vi – vii. | Phassa – nirodha vedana – nirodho |
vii – viii. | Vedana – nirodha tanha – nirodho |
viii – ix. | Tanha – nirodha upadana – nirodho |
ix – x. | Upadana – nirodha bhava – nirodho |
x – xi. | Bhava – nirodha jati – nirodho |
xi – xii. | Jati – nirodha jara – maranam soka – parideva – dukkha – domanassu – payasa nirujjhanti. Evametassa kevalassa dukkhakkhandhassanirodho hoti. |
( Samyutta Nikaya, ii, 1 )
TERJEMAHAN
MUNCULNYA RODA KEHIDUPAN
i – ii. | Bergantung pada ketidaktahuan ( avijja ), timbullah bentuk – bentuk karma ( sankhara ). |
ii – iii. | Bergantung pada bentuk – bentuk karma ( sankhara ), timbullah kesadaran ( vinnana ). |
iii – iv. | Bergantung pada kesadaran ( vinnana ), timbullah batin dan jasmani ( nama – rupa ). |
iv – v. | Bergantung pada batin dan jasmani ( nama – rupa ), timbullah enam landasan indra (salayatana). |
v – vi. | Bergantung pada enam landasan indra ( salayatana ), timbullah kontak ( phassa ). |
vi – vii. | Bergantung pada kontak ( phassa ), timbullah perasaan ( vedana ). |
vii – viii. | Bergantung pada perasaan ( vedana ), timbullah keinginan ( tanha ). |
viii – ix. | Bergantung pada keinginan ( tanha ), timbullah kemelekatan ( upadana ). |
ix – x. | Bergantung pada kemelekatan ( upadana ), timbullah penjelmaan ( bhava ). |
x – xi. | Bergantung pada penjelmaan ( bhava ), timbullah kelahiran ( jati ) |
xi – xii. | Bergantung pada kelahiran ( jati ), timbullah kelapukan dan kematian ( jara – marana ), dan kesedihan, keluh kesah, kesakitan, penderitaan, dan keputusasaan. Demikianlah kemunculan dari seluruh bentuk – bentuk penderitaan. |
LENYAPNYA RODA KEHIDUPAN
i – ii. | Dengan berhentinya seluruh ketidaktahuan, maka bentuk – bentuk karma berhenti. |
ii – iii. | Dengan berhentinya bentuk – bentuk karma, maka kesadaran berhenti. |
iii – iv. | Dengan berhentinya kesadaran, maka batin dan jasmani berhenti. |
iv – v. | Dengan berhentinya batin dan jasmani, maka enam landasan indra berhenti. |
v – vi. | Dengan berhentinya enam landasan indra, maka kontak berhenti. |
vi – vii. | Dengan berhentinya kontak, maka perasaan berhenti. |
vii – viii | Dengan berhentinya perasaan, maka nafsu keinginan berhenti. |
viii – ix. | Dengan berhentinya nafsu keinginan, maka kemelekatan berhenti. |
ix – x. | Dengan berhentinya kemelekatan, maka penjelmaan berhenti. |
x – xi. | Dengan berhentinya penjelmaan, maka kelahiran berhenti. |
xi – xii. | Dengan berhentinya kelahiran, maka pelapukan dan kematian dan kesedihan, keluh kesah, Kesakitan, penderitaan dan keputusasaan berhenti. Demikianlah berhentinya seluruh bentuk Penderitaan. |
CATATAN :
1. Maha Nidana Sutta, D. 15.
2. Anamatagga Samyutta, S.ii, 179.
3. A. iv, 77.
4. Aldous Huxley, Ends and Means ( London : 1945 ), h. 14 – 15.
5. Bertrand Russel, Why I Am Not a Christian ( London : 1958 ), h. 4.
6. Viscount Samuel, Belief and Action ( London : Penguin Books, 1939 ), h.16.
7. Vin. I, Mahavagga.
8. Seluruh rumusan yang terdiri dari dua belas faktor dapat ditemukan di akhir bab.
9. Umumnya dua kata berbahasa Pali anuloma dan patiloma diterjemahkan sebagai “ urutan langsung “ dan “ urutan sebaliknya “. Bagaimanapun tidaklah tepat untuk mengatakan “ urutan sebaliknya “, karena itu berarti dari akhir menuju awal atau dalam urutan yang berlawanan. Kedua faktor munculnya dan lenyapnya sebab musabab yang saling bergantungan adalah dari awal menuju akhir. Contohnya, bergantung pada ketidaktahuan, timbullah bentuk – bentuk karma dan seterusnya. Dengan berhentinya ketidaktahuan, maka bentuk – bentuk karma berhenti dan seterusnya.
10. Ud. 1.
11. Dhammacakkappavattana Sutta, Vinaya i, S. v, 420.
12. A.I, 176.
13. M. 79 / II, 32.
14. Eddington, The Philosophy of Physical Science ( Cambridge University Press, 1939 ).
15. D. ii, 90 ; S. v, 430 ; Vin. I, 229.
16. M. 106.
17. M. 38 / I, 265 – 266.
18. Lankavatara Sutra.
19. M. 38.
20. Nyanatiloka, Fundamentals of Buddhism ( Colombo : 1949 ), h. 67.
21. Ibid., h 65.
22. Madhupindika Sutta, M. 18 dan Mahatanhasankaya Sutta, M. 38
23. Dhammacakkappavattana Sutta, Vinaya I ; S. v, 420.
24. D. 22 / II, 308 – 309.
25. Dhp. 216.
26. Sn. 61.
27. Vinaya Mahavagga, Khandaka. Detail lihat The Buddha’s Ancient Path, Thera Piyadassi ( BPS, ed. Ke 5, 1987 ), h. 163.
28. Dhp. 153, 154.
29. M. 22 / I, 138.
30. M. 135 / III, 203.
31. Dr. Cassius A. Pereira ( belakangan Thera Kassapa ), “ What I Believe “, Ceylon Observer, Oktober, 1937.
32. Paul Dahlke, Buddhist Essays ( London : 1908 ), h. 115.
33. Dhp. 1, 2.
34. S. I, 227, The Kindred Sayings, I, h. 293.
35. M. 101 ; D. 2. Pandangan ini diuji dalam A. i, 137.
36. Sn. 235.
37. A. i, 176.
38. The Path of Purification, diterjemahkan oleh Nanamoli ( Kandy : BPS ), h. 669.
39. Ibid., h. 67.
40. Ibid., h. 701.
Sumber :
SPEKTRUM AJARAN BUDDHA
Kumpulan Tulisan Mahathera Piyadassi
Penerbit : YAYASAN PENDIDIKAN BUDDHIS TRI RATNA