Meditasi Untuk Hidup Awet Muda

MEDITASI UNTUK HIDUP AWET MUDA

Meditasi adalah paket paling berharga bagi kesehatan Anda karena memberi sangat banyak manfaat di setiap waktu Anda. Dua puluh menit sehari melakukan meditasi-sadar akan memberi Anda kedamaian dari dalam, mengurangi risiko penyakit, dan bahkan bisa menambah beberapa tahun kehidupan Anda.

Riset menunjukkan bukti yang menjanjikan bahwa meditasi dapat memperlambat penuaan pada tingkat sel, yang berarti memperpanjang waktu hidup Anda.

Meditasi-sadar berasal dari Timur dan berakar dari spiritualisme. Berdasarkan sejarahnya, praktisi Buddha menggunakan meditasi sebagai proses integrasi pengajaran spiritual untuk memberi pemahaman terhadap tujuan hidup dan pada akhirnya mencapai kebebasan spiritual. Meditasi-sadar telah diadaptasi di Barat terutama sebagai teknik untuk melepas ketegangan mental dan fisik.

Lepas dari perubahan keduniawiannya, melatih kesadaran dengan semakin intens, atau kemampuan untuk menguasai fokus mental dengan jernih di setiap saat, dapat menunda proses penuaan, menurut publikasi Annals of the New York Academy of Sciences (Akademi Tahunan Ilmu Pengetahuan New York) tahun lalu.

Kemampuan meditasi untuk memelihara emosi positif dan keefektivitasan sebagai terapi untuk pembebasan depresi dan stres telah didokumentasikan dalam literatur medis sejak 1970-an. Tingkat penurunan stres yang dihubungkan dengan meditasi dapat menunda penuaan dan kematian sel.

Sel dalam tubuh kita berisi telomer (sarung pelindung untaian terakhir DNA) yang sangat kecil. Setiap waktu sel kita terbelah, telomer memendek, sebagai usaha untuk melindungi DNA dari kerusakan. Para ilmuwan saat ini telah menganggap panjangnya telomer sebagai penanda umur sel—semakin pendek telomer, berarti sel dan seluruh organisme di dalam tubuh semakin tua dan semakin kelelahan.

Dibawah tekanan atau kegelisahan, tubuh kita melepaskan lebih banyak hormon pemicu stres seperti kortisol dan katekolamin. Pemotongan pada hormon ini berkaitan dengan pemendekan telomer, yang menandai penuaan secara fisik.

Hasil perangkat visualisasi syaraf dan laboratorium biokimia menegaskan bahwa perubahan aktivitas otak disebabkan oleh meditasi dan juga dapat menurunkan tingkat hormon stres ini. Pemikiran ini dapat mengarah pada pengurangan pemotongan telomer dan pada pokoknya dapat memperpanjang kehidupan sel kita.

Mekanisme tindakan yang tepat saat ini belum terpetakan; para ilmuwan sedang mengeksplorasi bidang biologi telomer. (Grace Wu/The Epoch Times/feb)

Sumber :

http://erabaru.net/kesehatan/34-kesehatan/11397-meditasi-untuk-hidup-awet-muda

Leave a Reply 0 comments